About Us


Hubungan Indonesia dengan Jepang sudah lebih 60 tahun. Untuk meningkatkan kerja sama di berbagai bidang utamanya ekonomi dan bisnis—peran pelaku industri dan sektor lainnya—didukung oleh elemen pemerintahan kedua negara perlu dieksplor dan dikolaborasikan dalam wujud implementasi kerja sama antar pelaku bisnis di kedua negara. 

Untuk menampung aspirasi dan gagasan para pelaku industri dan para pihak yang terkait serta perduli terhadap hubungan Indonesia-Jepang, maka sejumlah pelaku industri mendirikan lembaga bernama  Indonesia Japan Business Networking disingkat  IJB-NET,   dan telah diresmikan di Jakarta pada 08 Agustus 2018. Klik  Acara launching dan  Dewan Pengurus.

Pihak Indonesia menyadari bahwa investasi  Jepang di Indonesia cukup siginifikan. Demikian juga di bidang perdagangan. Salah satu bukti nyata, bahwa sektor otomotif di Indonesia didominasi oleh buatan Jepang. Pertanyaannya, apakah para pelaku industri khususnya otomotif di Indonesia telah menguasai teknologi sektor otomotif? Mampukah anak-anak Indonesia merekayasa dan mendesain kendaraan buatan sendiri berdasarkan timbaan ilmu pengetahuan dan teknologi dari pelaku industri Jepang?

Wadah IJB-NET bukan sekadar menjawab pertanyaan tadi, sebab peran dan kontribusi para pelaku industri antar ke dua negara demikian penting. Sesuai dengan era  Industri 4.0 yang oleh Indonesia diwujudkan dengan  Making Indonesia 4.0, lembaga ini berupaya membangun fondasi yang kokoh. Saudara tua kita yakni Jepang, tentunya sangat ingin meningkatkan hubungan perdagangan dengan Indonesia. Meski jumlah investasi dari Jepang menurun belakangan ini, bukan berarti pihak Jepang lupa kacang akan kulitnya.

Dan untuk memudahkan komunikasi pengurus, anggota, instansi pemerintah dan lemba terkait serta masyarakat, kami mendirikan online media, www.ijb-net.org.