KERJASAMA IJB-Net DENGAN HAMAREN CORP.

Kamis, 29 November 2019 tim IJB-Net beserta ketua umum IJB-Net mengadakan kunjungan ke Hamaren corp. untuk membahas kerjasama antara kedua lembaga. Hamaren corp. Adalah lembaga pelatihan dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berorientasi ke Negara Jepang, mereka bertekad untuk mendidik dengan keterampilan, sikap disiplin dan tidak pernah menyerah. “Perekrutan anak yang berpotensi, dia memiliki visi misi masa depan, termasuk dia bersedia sabtu minggu kuliah. Agar kembali ke Indonesia punya ilmu (goalnya).” Kata Usman Naito seorang CEO dari Hamaren Corp. Dia bercerita “yang melamar banyak, misal dari 25 pendaftar yang diambil 10, murid pendaftar masih terbatas jadi diambil dari daerah seperti indramayu, klaten yang sudah diseleksi dari rangking 1-5. Kebanyakan diambil dari LPK karena dilihat dari etitutnya juga”.

Hamaren corp menjalin hubungan dengan IJB-Net agar dapat memudahkan mencari perusahaan indonesia yang mau memberikan beasiswa, dan karena IJB-Net memiliki seoarang Suyoto Rais yang memiliki banyak pengalaman di perusahaan Jepang dan memiliki banyak koneksi dengan perusahaan Jepang. “disini kami memfokuskan pada anak anak yang memiliki perekonomian kurang” imbuh Usman. Hamaren corp akan memberikan pelatihan ‘sampai bisa’ untuk siswa yang siap diberangkatkan ke Jepang. Disana (Jepang) Hamaren corp juga telah menyiapkan tempat tinggal (mes) untuk dapat ditinggali oleh anak anak yang telah diberangkatkan ke Jepang.

“kami juga mencarikan Perusahaan yang mau memberikan kesenggangan pada hari Sabtu-Minggu untuk mereka berkuliah bagi mereka yang magang (bagi lulusan SMA/SMK)” kata Usman. Di Jepang sendiri tim dari Hamaren corp akan tetap mengawasi agar tidak terjadi miskomunikasi antara Jepang dan Indonesia. “Bagi sarjana, sekolah dulu 2  tahun nanti disemester 5 akan diadakan interview akan kerja dimana, dan orang jepang suka sama orang indonesia loh, kata mereka orang indonesia itu ulet” imbuhnya diakhir.

IJB-Net dengan senang hati akan menerima kerjasama ini karena disamping bisa memberikan efek positif bagi mereka yang kurang mampu dan disisi lain Hamaren corp juga memiliki visi-misi yang sama dengan IJB-net yaitu untuk Menonjolkan nama Indonesia di dunia khususnya di Jepang.